Pages - Menu

Selasa, 28 Juli 2015

Chesed - Perjanjian Kasih



Dalam pembacaan Torah minggu ini 16 Av 5775 ( Parashat Vaetchanan ), Musa mengingat kembali pewahyuan yang mengagumkan dari Torah di gunung Sinai, yang menggambarkan bagaimana gunung "menyala sampai jantung surga" (בּעֵר בָּאֵשׁ עַד-לֵב הַשָּׁמַיִם) ketika Sepuluh Perintah ELOHIM yang diucapkan dan tertulis pada dua loh batu / tablet (Ulangan 4: 11-13).

Orang bijak yahudi / rabbi mengatakan bahwa 2 loh batu / tablet itu mewakili hati, seperti yang dikatakan, "tulis mereka pada loh hatimu" (Amsal 3:3), dan firman ELOHIM disamakan dengan api yang mengungkapkan gairah /passion besar dari hati Tuhan bagi kita (Yeremia 23:29; Ulangan 4:24).

Namun tragisnya, dua tablet hancur setelah orang-orang israel tidak bisa melihat jantung surga (לב שמים), dan karena itu TUHAN memerlukan patah hati, kehancuran hati, peremukan hati - teshuvah yang artinya berbalik, kembali - untuk melihat kemuliaan-Nya sekali lagi.

Oleh karena itu kita melihat bahwa TUHAN YESHUA meninggal karena patah hati, hancur hati, remuk hati di atas kayu salib untuk kita kembali kepada ELOHIM, ketika api membakar semangat / passion kepada jantung surga, dan di dalam mesirat ha'nefesh (pengorbanan) NYA kita melihat kemuliaan ELOHIM yang lebih besar. *hancur hati karena kedegilan kita, dosa-dosa kita*

"Let not steadfast love and faithfulness forsake you; bind them around your neck; write them on the tablet of your heart." - Proverbs 3:3

Amsal 3:3 Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu.

Terjemahan Ibrani :

חֶסֶד וֶאֱמֶת אַל־יַעַזְבֻךָ
קָשְׁרֵם עַל־גַּרְגְּרוֹתֶיךָ
כָּתְבֵם עַל־לוּחַ לִבֶּךָ

chesed ve’emet al-ya’azvukha
koshrem al gargerotekha
kotvem al lu’ach libekha

[Hebrew for Christian]

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Dalam terjemahan Ibrani diatas kata "Kasih dan Setia" atau bisa kita bahasakan menjadi Kasih Karunia tertulis dengan kata "Chesed".

Ada lebih dari 5 kata Ibrani yang digunakan untuk kalimat Kasih Karunia dalam bahasa kita ini, dan seluruhnya berbeda tergantung dari tujuan, kehendak yang TUHAN mau sampaikan.

Untuk kata "Chesed", Chesed digunakan untuk tujuan peneguhan/pernyataan Perjanjian. Makna dari Chesed sendiri adalah Anugerah pemberian kuasa yang melimpah dalam kehidupan melalui perjanjian kita dengan TUHAN.

Kata Ibrani Chesed ini juga menggambarkan tentang memberikan perkenanan dalam bentuk kasih yang kuat, kasih yang dijanjikan. Chesed berbicara tentang kasih yang tak berkesudahan yang diwujudkan dengan Perjanjian/Kontrak/Hukum.

Jadi ketika TUHAN membicarakan tentang Torah, DIA sedang membicarakan tentang PerjanjianNYA dengan orang Israel (dan orang asing yang tinggal bersama-sama dengan mereka - Yehezkiel 47:22).

Jika kita lihat arti lain dari Torah sendiri yang adalah Lev atau Hati (Huruf pertama dan terakhir dari Torah jika digabungkan terbaca Lev), dimana 2 Loh Batu itu juga menggambarkan bentuk Hati maka itu seperti TUHAN berkata, " Torah adalah HatiKU sendiri."

Kata Chesed dalam huruf Ibrani tertulis חסד dimana nilai gematria keseluruhan kata Chesed berjumlah 72.

Kata Ibrani Lev (Hati), Zabach (Pengorbanan), Ohel (Tabernakel), Kabod (Kemuliaan) juga sama-sama memiliki nilai gematria yang berjumlah 72.

TUHAN memperlihatkan suasana TabernakelNYA untuk yang pertama kali di Sinai, dimana DIA berikan Torah yang diletakkan didalam Tabut Perjanjian didalam Ruang Maha Kudus di dalam TabernakelNYA. 2 Loh Batu Torah pernah hancur, dan Hati TUHAN YESHUA pun hancur ketika DIA tebus dosa setiap kita dan dalam PengorbananNYA kita dapat melihat KemuliaanNYA yang lebih besar dari Kemuliaan yang DIA tunjukkan di Gunung Sinai.

Semuanya adalah tentang Perjanjian Abadi yang DIA berikan, yaitu HatiNYA sendiri.

TUHAN YESUS berkati....

Salam Kasih,

Joseph Raphael Prima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar