Pages - Menu

Sabtu, 23 Mei 2015

Shavuot - Pentecost 6 Sivan 5775

Parashah Shabbat 5 Sivan 5775 & Shavuot 6 Sivan 5775

CHIZUK EMUNAH [חזוק אמונה] - PARASHAH BAMIDBAR [במדבר] "IN THE DESERT"
============================

Shalom,

Sesuai dengan porsi pembacaan parashah, maka Shabbat yang baru saja kita lewati 2 jam yang lalu kita membaca parashah BAMIDBAR [במדבר]. Kata Ibrani BAMIDBAR [במדבר] memiliki arti: "IN THE DESERT", dalam bahasa Indonesia adalah "DI PADANG GURUN."

Kata Ibrani MIDBAR [מדבר] artinya adalah "PADANG GURUN."

Kata Ibrani MIDBAR [מדבר] memiliki akar kata yang sama dengan kata Ibrani DAVAR [דבר], yang di dalam bahasa Indonesia artinya adalah "FIRMAN."

MIDRASH:
Sering kali kita perlu waktu menyendiri, seperti di PADANG GURUN agar kita dapat mendengarkan FIRMAN Elohim yang berbicara dalam suara yang pelan..."KOL D'MAMAH DAKAH קול דממה דקה"...(the Sound of still small voice). 1 Raja 19:12

_-------------------------------------------------_

Dan ketika saya baca tentang hal ini dari Talmidim Team, tidak ada yang kebetulan jika Parashah (Pembacaan Torah) ini dibaca pada Shabbat 5 Sivan 5775 satu hari sebelum Shavuot 6 Sivan 5775. Shavuot untuk orang Indonesia kurang dikenal, namun sebenarnya kita juga merayakan Shavuot, namun dengan pengertian yang tidak lengkap.

Shavuot adalah peristiwa 'lamaran' untuk menikah antara TUHAN kepada bangsa Israel, maka dari itu Pernikahan Yahudi saat ini memakai Chuppah (Tudung) yang dimana ketika TORAH diberikan Kavod TUHAN menutupi puncak Sinai sebagai Chuppah. Jika dua buah Loh Batu itu disatukan dengan masing-masing miring kekanan-kiri maka akan terbentuk pola hati, sebab itu memang isi hatiNYA. Turunnya TORAH itu sama artinya dengan DIA memberikan isi hatiNYA bahkan hatiNYA sendiri kepada orang Israel.

Dan menurut Tradisi Yahudi, TORAH tertulis pertama mempunyai cover berwarna putih bersih yang adalah gambaran dari gaun mempelai wanita.

Shavuot sama dengan Pentakosta, karena Shavuot adalah hari dimana TORAH (Taurat) turun dan diberikan pada Musa, dimana ribuan tahun selanjutnya ROH KUDUS dicurahkan di loteng Yerusalem. (Kebanyakan orang berkata, Pentakosta adalah hari turunnya ROH KUDUS, itu benar tapi tidak tepat karena sebenarnya ROH KUDUS lah yang turun pada hari Pentakosta - Shavuot)

TORAH dan ROH KUDUS sama-sama diberikan kepada Orang Israel dihari yang sama, yang dikemudian hari juga diterima oleh orang dari bangsa-bangsa diluar Israel.

Kita bisa lihat pola kenapa TUHAN memilih Padang Gurun dan Gunung Sinai untuk memberikan TORAH serta memilih Loteng Yerusalem untuk memberikan ROH KUDUS. Semua sama, TUHAN ingin umatNYA dipisahkan terlebih dahuku ketika menerima mandat, isi hatiNYA dan semua yang DIA ingin berikan. Maka dari itu tidak aneh jika TUHAN sering memanggil hamba-hambaNYA untuk memisahkan diri dari dunia untuk sementara dan menyendiri untuk bercakap-cakap denganNYA.

Ya memang dalam hal ini tidak semua setuju karena memandang hal ini sama dengan bertapanya orang-orang yang pada cari ilmu kanuragan, padahal mereka sendirilah yang meniru pola TUHAN.

6 Sivan itu adalah hari/tanggal spesial, TORAH dan ROH KUDUS turun pada tanggal tersebut. Namun ada dua tokoh juga yang awal juga akhir kehidupannya di bumi terjadi pada tanggal 6 Sivan.

Yang pertama Henokh, Henokh lahir pada 6 Sivan tepat dimana nanti ribuan tahun setelahnya TORAH turun. Namun Henokh mengalami 'Rapture' juga pada tanggal 6 Sivan sebelum peristiwa Shavuot.

Yang kedua Daud, Daud lahir dan mati pada tanggal 6 Sivan. Yang jelas Daud lahir dan mati setelah peristiwa Shavuot.

Kita tahu bahwa kedua tokoh ini adalah orang yang sangat intim dengan TUHAN. Sangat-sangat intim.

Message yang TUHAN berikan pada Shavuot tadi sore adalah tentang Keintiman dimana ketika TUHAN suruh saya buka buku 'Beyond The Veil' langsung terbuka bagian Keintiman, dikatakan tidak ada yang namanya anak kesayangan bagiNYA, namun yang ada anak yang intim dengan DIA.

Henokh dan Daud menjadi kesayangan TUHAN karena mereka berdua sangat intim, bukan hanya di level kekasihNYA tapi juga berada di level sahabatNYA.

Dan hubungan keseluruhan antara TORAH dan ROH KUDUS dengan Henokh dan Daud adalah keduanya, Henokh dan Daud bergaul dengan TORAH juga ROH KUDUS. TORAH sudah ada sebelum Dunia diciptakan, namun baru diberikan pada manusia secara fisik di jaman Musa, dan sebenarnya Henokh juga diajari TUHAN tentang TORAH dan rahasia-rahasiaNYA, ketika saya mempelajari Henokh, saya sangat takjub dengan kedekatannya dengan TUHAN, sampai suatu ketika TUHAN bukakan bahwa DIA bahkan sampai membeti tahu kejadian apa yang akan terjadi kepada Nuh, bahkan kejadian yang dialami Saul, Daud serta Salomo bahkan sampai jaman yang terjauh pun TUHAN beritahukan pada Henokh. Sungguh level keintiman yang luar biasa jika sampai seperti itu hingga sampai-sampai Henokh tidak harus mengalami kematian dan langsung naik ke Surga.

Untuk Daud kita tahu betapa hatinya sangat mencintai TUHAN, bagaimana respon hatinya.

Bagi saya Henokh dan Daud adalah teladan keintiman yang sangat luar biasa.

TORAH dan ROH KUDUS adalah satu kesatuan, pada jaman sekarang TORAH lazim dikatakan Firman TUHAN namun jika kita kembali ke jaman Daud, bahkan jaman Para Rasul Pertama yang namanya TORAH adalah 10 Commandments, 5 Kitab Musa dan 613 Mitzvah (Perintah).

Kenapa harus ada kesatuan antara TORAH dan ROH KUDUS? Karena ROH KUDUS diberikan karena KASIH KARUNIA, dan KASIH KARUNIA, ROH TUHAN itu memberikan Kehidupan. Maka memang seharusnya keduanya adalah Echad, Satu Kesatuan. Dan itulah kenapa TUHAN memberikan TORAH dan ROH KUDUS untuk pertama kali ditanggal yang sama, 6 Sivan yang adalah tanggal dimana kedua kekasih dan sahabatnya memulai dan mengakhiri tugas mereka di bumi.

Old Covenant TUHAN memberikan TORAH fisik, namun New Covenant TUHAN menuliskan serta menaruh TORAH dihati dan di akal budi setiap umatNYA.

Yeremia 31:33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Yirmeyah 31:33 But this shall be the Brit that I will cut with Bais Yisroel; After those days, saith Hashem, I will set My Torah in them inwardly, and I will write ketuvim on their hearts; and I will be their Elohim, and they shall be My People.

Ibrani 8:10 "Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Yehudim in Moshiach 8:10 "KI ZOT HABRIT ASHER EKHROT ES BEIS YISROEL ACHAREI HAYAMIM HAHEM, NE’UM HASHEM; NATATI ES TORATI BEKIRBAM V’AL LIBAM EKHTAVENNAH, V’HAYITI LAHEM L’ELOHIM V’HEMMAH YIH’YU LI LE’AM" ("Because this is the Brit which I will make with the Beis Yisroel after those days, says Hashem: putting my Torah into the mind of them and upon the levavot of them I will write it and I will be to them G-d and they will be to Me a people"— see Jer 31:30-33; also Prov 30:4; 8:30;Yn 1:1; Rev 3:20).

Israel yang dimaksud ialah Israel Jasmani juga Rohani karena keduanya adalah Satu Kesatuan, jadi tidak ada alasan apapun karena Old Covenant dan New Covenant sama-sama mencatat hal yang sama.


Happy Pentecost, Chag Sameach Shavuot 5775!!!

Salam Kasih,

Yehosev Rafael Alef
(Joseph Raphael Prima)


TUHAN YESUS berkati...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar