Pages - Menu

Rabu, 18 Desember 2013

Ringkasan Buku Kerendahan hati – Iin Tjipto




            Karakter adalah sama sama seperti tiang pancang yang ditanam kedalam tanah sebagai dasar bangunan yang bertingkat, seberapa bangunan itu akan tinggi ke atas ditentukan seberapa dalamnya tiang-tiang pancang itu tertanam kebawah. Kalau kita ingin membangun bangunan yang satu tingkat maka hanya butuh 50 pondasi tapi kalau 5-10 tingkat mustinya akan lebih banyak lagi dan tiang pancangnya harus lebih besar. Tidak ada tiang pancang yang akan ditancapkan dengan cara dielus-elus.

            Pembentukan kita juga tak akan dielus-elus tapi perlu ditancapkan, dibentuk dan dipukul. Karakter seolah-olah tidak dibangun keatas, karakter akan membuat orang dibawa TUHAN kebawah terlebih dahulu dan ditancapkan kedalam, seberapa siap kita diturunkan, ditancapkan dan dipukul maka seemikianlah TUHAN dapat menaikkan kita.

            Kita bisa pilih ingin jadi kembang api atau roket, kembang api itu naik keatas lalu bisa jatuh sedangkan roket akan terus naik dan terbang. Kembang api akan bagus karena cahayanya warna-warni tapi tidak punya dampak apa-apa namun roket terbang terus dan kelihatannya tidak sebagus kembang api tapi dia membawa satelit keluar angkasa untuk diedarkan mengelilingi bumi.

            Apabila seseorang memiliki karunia tapi tidak didukung dengan karakter Ilahi maka akan jadi seperti kembang api tadi. Tapi kalusaudara memiliki karakter yang TUHAN mau, saudara akan jadi roket-roketnya TUHAN yang berdampak besar bagi kehidupan ini.

            Kerendahan hati TUHAN YESUS patut kita lihat dan contoh.DIA memulai pelayananNYA tidak dengan mengadakan KKR besar tapi DIA memulainya dengan dibaptis. Dan yang dibaptis oleh Yohanes waktu itu adalah pemungut cukai, pelacur dan YESUS ada disitu berarti DIA menyamakan diri dengan mereka. Walau ini adalah hal yang sepele kelihatannya tapi ini membuktikan kerendahan hati yang sangat luar biasa karena Yohanes mengatakan membuka tali kasutNYA pun tak layak.

            Kesombongan itu merusak Kerendahan Hati, karena kesombongan sangatlah berbahaya karena merupakan awal kejatuhan dari manusia baik didunia pelayanan atau sekuler.

            Apa itu kerendahan hati?
1, kerendahan hati adalah mengenal diri sendiri, mengerti siapa diri kita, kelemahan dan kelebihan kita.kita harus berurusan dengan TUHAN setiap hari dan minta TUHAN bongkar diri kita sebenarnya.
2. rendah hati adalah mau diajar dan suka belajar dari oranglain. Kita harus mau diajar oleh oranglain diapapun dia, teacheable spirit sangat kita butuhkan untuk tahap ini. Dan suka belajar dari oranglain.
3. rendah hati adalah mendahulukan TUHAN dan oranglain, tidak mempertahankan hak.
4. rendah hati adalah menyadari bahwa semua hanya karena anugerahNYA.
5. rendah hati adalah bergantung kepada TUHAN.


Proses kerendahan hati membawa kita naik.
Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludah-Nya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi – Yohanes 9:6.

Ludah berbicara penghinaan sama juga dengan kerendahan, artinya segala sesuatu dari TUHAN untuk TUHAN dan buat TUHAN.

Tanah berbicara lembek, mudah dibentuk, tanah liat juga berbicara tentang kelemahlembutan dijadikan apa yang TUHAN mau.

Sebelum orang buta ini disembuhkan dia harus direndahkan dihadapan banyak orang karena secara manusia apa yang dilakukan TUHAN YESUS itu menjijikan sekali.

Sangat-sangat dibutuhkan pertobatan karena pertobatanlah yang membawa kita kedalam pemulihan, kerendahan hati untuk bertobat karena 99,9% dari kita punya dosa kesombongan. Jujurlah kepada TUHAN apapun yang kita alami.

Ibrani 4:13 Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

Maka TUHAN akan memberikan jubah kerendahan hati. Tidak ada kata terlambat dalam petobatan dan sesuatu yang besar pasti terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar