Pages - Menu

Selasa, 12 Februari 2013

Jehovah Agape [TUHAN yang penuh Cinta]



         Hari-hari ini TUHAN sedang mewahyukan bagaimana kita mengalami TUHAN secara nyata seperti Nabi – Nabi dan Rasul-RasulNYA. Ada begitu banyak gelar/nama-nama yang diberikan oleh hamba-hambaNYA kepada TUHAN sesuai dengan apa yang mereka alami dengan TUHAN. TUHAN YESUS di Yohanes 14:16-17 mengenalkan sosok TUHAN ROH KUDUS yang sebagai penolong buat setiap kita, menjadi pimpinan atas setiap jalan hidup yang kita lalui dan DIA lah Kebenaran itu. Dan pada Yohanes 6:48-51 TUHAN YESUS menyatakan bahwa diriNYA Roti Hidup, dimana nenek moyang Israel dulu makan roti manna yang TUHAN turunkan namun mereka sudah mati tapi ketika kita makan Roti Hidup yaitu Firman TUHAN yang adalah TUHAN YESUS sendiri kita tak akan mati melainkan beroleh hidup yang kekal.
         
          Banyak sekali bahkan sampai ada 250 lebih nama-nama (sebuah buku menuliskan secara lengkap) yang ditujukan untuk TUHAN. Beberapa antara lain :

Master of Breakthrough (TUHAN Penerobos Kita) dimana nama ini pertama kali disebutkan di IISamuel 5:20 ketika Daud berhasil mengalahkan musuh-musuhnya karena TUHAN terlebih dahulu menerobos didepan Daud. Dan Daud berkata, “ TUHAN telah menerobos musuhku di depanku seperti air menerobos – Baal Perasim. “

El Shaddai (TUHAN Yang Maha Kuasa Yang Mencukupi Segalanya) dimana nama ini pertama kali dipakai ketika Allah, sebagai Jehovah menyingkapkan diriNYA kepada Abraham dan berkata, “ Akulah Allah yang Mahakuasa “ (Kejadian 17:1) dan sebutan yang sama dipakai ketika Ishak memberkati Yakub dalam Kejadian 28:3.


Jehovah Jireh (TUHAN Yang Mencukupi Kita)  ini berlaku untuk semua keadaan dalam hidup kita, dan TUHAN YESUS memberitahu hal ini pada kotbahnya di bukit pada Matius 6:25-33. TUHAN menyatakan diriNYA sebagai Jehovah Jireh pertamakali pada Abraham ketika TUHAN meminta anaknya Ishak untuk dipersembahkan kepada TUHAN dengan memberinya ganti seekor anak domba jantan untuk ganti persembahan anaknya.

Jehovah Nissi (TUHAN Panji Kemenangan Kita) ini dialami pertamakali oleh Musa pada waktu bangsa Israel berperang melawan Amalek. Ketika itu Musa mendirikan mezbah dan menamakannya, “Jehovah Nissi.” Keluaran 17:15-16


Jehovah Tsidkenu (TUHAN Keadilan Kita) nama ini dialami pertamakali oleh Nabi Yeremia ketika TUHAN mewahyukan diriNYA sebagai Jehovah Tsidkenu pada Yeremia 23:5-6.

Jehovah Shalom (TUHAN Damai Sejahtera) yang pertama kali TUHAN  mengenalkan nama ini adalah melalui Gideon dimana Gideon mendirikan mezbah bagi TUHAN dan menamainya Jehovah Shalom (Hakim-Hakim 6:24)


Jehovah Rapha (TUHAN Penyembuh Kita) dimaksudkan ketika dimana Petrus menjelaskan tentang hal ini pada 1 Petrus 2:24

Jehovah Shammah (TUHAN Hadir) ini hanya ditemukan sekali dan berkaitan dengan Yerusalem yang dilihat Nabi Yehezkiel dalam sebuah penglihatan dalam Yehezkiel 48:35.

Jehovah Rohi (TUHAN Gembalaku) Gembala adalah salah satu pelayanan yang paling TUHAN sukai, dan sebutan Jehovah Rohi adalah juga salah satu sebutan yang DIA sukai. Sebagaimana Petrus menulis DIA lah Gembala Agung kita, Jehovah Rohi sendiri diperkenal kan dalam ayat-ayat Mazmur 23. “TUHAN adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku” Mazmur 23:1.

Jehovah M’kaddesh (TUHAN Yang Menguduskan Kita) TUHAN mengenalkan diriNYA sebagai pribadi yang menguduskan kita di Keluaran 31:13 dimana TUHAN mengatakan hal itu kepada Muas. Arti lain Jehovah M’kaddesh adalah Allah yang Kudus menghendaki kita untuk menjadi Kudus, sama seperti DIA Kudus. Imamat 21:8

Adonai (TUHAN Penguasa Kita) Adonai sendiri berarti penguasa, tuan atau pemilik, dimana Adonai mengekspresikan suatu hubungan pribadi yang mencakup hak-hak ketuanan dan kepemilikannya. Hidup kita bukan milik kita lagi melainkan milik YESUS yang sudah menebus kita, 1Kor 6:19-20. Dan Daud menuliskan hubungannya dengan TUHAN di mazmur 123:2.

El Elyon (TUHAN Yang Maha Tinggi) nama ini pertama kali disingkapkan pada pelayanan Imam dan Raja Melkisedek, Kejadian 14:18-22 dimana sebutan El Elyon sendiri muncul 4x dan diteguhkan pada Ibrani 7:1-3 dimana dikatakan bahwa Melkisedek adalah raja Salem dan imam TUHAN yang Maha Tinggi. Elyon sendiri berarti yang tertinggi dari sebuah peraturan, karena itu YESUS sebagai Imam Besar adalah yang tertinggi dalam keimaman Melkisedek.



Berkaitan dengan nama-nama TUHAN ini, sempat saya berpikir pengen juga mengalami TUHAN secara pribadi seperti Abraham, Daud dan yang lainnya. Minggu kemarin tanggal 10 Februari 2013 dalam kebaktian FIRE, ka Budi (Pdm. Budi Abdipatra) menjelaskan beberapa nama-nama TUHAN seperti yang sudah saya tuliskan beberapa diatas. Dan waktu itu saya semakin memiliki sebuah kerinduan untuk mengalami TUHAN secara pribadi sesuai dengan yang saya butuhkan. Waktu itu saya tanya sama TUHAN, “ Bisa tidak TUHAN aku ngalamin Engkau secara pribadi?” Terus saya dengarkan dengan seksama sambil beberapa kali mencatat kotbahnya, hingga pada suatu saat TUHAN katakan, “Cinta.” Hanya satu kata itu saja yang TUHAN berikan. Saya terus bertanya apa maksudnya Cinta itu. Sampai suatu ketika teman saya yang berada disamping saya (Wiki) ini menawarkan beberapa permen lalu saya ambil satu dan makan. Nhah pada waktu itulah TUHAN berbicara, “ Manis kan nak? “ Saya hanya berkata, “Ya TUHAN, manis banget.” TUHAN setelah itu berbicara cukup panjang, “ Nak itulah cinta, cinta itu manis nak… dan AKU punya Cinta termanis yang pernah ada, KasihKU termegah diantara kasih yang ada. Ketika banyak orang mencari-cari cinta, mengemis-ngemis cinta mereka tak banyak yang datang padaKU, padahal AKU sediakan Cinta yang termanis untuk mereka. Nak kau ingat apa nama yang kau berikan untuk waktu-waktu khususmu denganKU?” Memang untuk waktu khusus sama TUHAN aku gag pakai nama Quiet Time tapi aku pakai nama “Romantic Time With My Jehovah.” Waktu itu aku langsung jawab, “ Romantic Time TUHAN. “ TUHAN lalu jawab, “ Itulah nak, kau alami AKU karena Cinta. Kau mengatakan AKU ini romantic, AKU senang dengan hal itu nak. AKU lah TUHAN Yang Penuh Cinta, Jehovah Agape bagimu nak. “

Waktu itu yang kurasakan adalah bahagia tapi juga gag nyangka kalo TUHAN sampai segitunya ke aku dan aku belom pernah sekalipun tahu nama itu, padahal waktu itu aku gag terlalu berharap hanya saja aku cuma ingin ngalamin TUHAN secara pribadi.TUHAN lalu berikan pengertian begini : Ketika kita mulai tidak sadar akan kebutuhan sekeliling kita, ketika kita mulai cuek dengan saudara kita ataupun malah kita bertengkar dengan mereka saat itu kita sudah kekurangan bahkan kehilangan cinta kita, dan yang mengerikan kita dapat saja kehilangan cinta mula-mula kita ke TUHAN. Jika kita tau, Cinta TUHAN itu berkobar-kobar seperti Api yang luar biasa besar. Tapi ketika kita tidak lagi mendekat sama TUHAN, melekat, baca firman dan nyembah TUHAN yang peka terhadap rohnya pasti tau ketika api dalam dirinya mulai padam dan itu sangat menyiksa dan tidak enak sekali. Tapi buat yang tidak peka, bisa kita lihat dia mulai malas baca firman, pelayanan, malas untuk pergi gereja dan passionnya tiba-tiba bisa ilang begitu saja. Nhah pada waktu itulah TUHAN mau kita ini minta Cinta sama TUHAN, minta Cinta Mula-Mula sama TUHAN. PASTI TUHAN KASIH!!!!

Dan ketika sampai rumah saya kembali ngobrol dengan TUHAN, dan TUHAN tuntun saya ke :

Kid 1:3 yang berkata, “ harum bau minyakmu, bagaikan minyak yang tercurah namamu, oleh sebab itu gadis-gadis cinta kepadamu! ” Minyak ini adalah minyak pengurapan dimana pengurapan ini hanya berada didalam hadirat TUHAN, dan ketika kita masuk kedalam dan duduk diam ikuti apa yang TUHAN mau minyak itu dicurahkan pada setiap kita dan hadiratNYA lah yang membuat setiap kita semakin jatuh cinta sama TUHAN.


Kid 1:4  yang berkata, “Tariklah aku di belakangmu, marilah kita cepat-cepat pergi! Sang raja telah membawa aku ke dalam maligai-maligainya. Kami akan bersorak-sorai dan bergembira karena engkau, kami akan memuji cintamu lebih dari pada anggur! Layaklah mereka cinta kepadamu! “ TUHAN lah Sang Raja itu dan kita ini sebagai gerejaNYA yang juga adalah MempelaiNYA adalah KekasihNYA. Ketika TUHAN bawa kita kedalam MaligaiNYA (HadiratNYA) kita tak akan bisa untuk tidak bergembira dan bersukacita karena CintaNYA itu Cinta yang memabukkan setiap kita dan cintaNYA itu lebih dari anggur terbaik manapun.

Kid 2:4  berkata, “Telah dibawanya aku ke rumah pesta, dan panjinya di atasku adalah cinta.” Ketika setiap kita dibawa masuk keruang pestaNYA, TUHAN katakana bahwa DIA berikan Panji-Panji diatas setiap kita dan nama Panji-PAnji itu adalah Cinta.

Kid 2:7  dikatakan, “Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!” Ayat ini sampai diulangi 2x yang selain pada ayat ini TUHAN katakan lagi di Kid 3:5. Dimana kita harus jaga cinta kita ke TUHAN dan jangan sampai mendua hati dengan hal-hal yang bersifat pekerjaan iblis seperti ramal-meramal, astrologi&zodiac, fengshui dll. Jangan pernah kotori hubungan kita denga TUHAN dengan hal yang seperti itu! Kenapa sampai diulangi 2x??? Ini adalah hal yang menurut TUHAN sangat serius, karena ketika firman dikatakan 1x itu serius bagaimana jadinya jika firman dikatakan sampai 2x bukankah itu menyatakan kalo TUHAN sangat serius dengan hal ini? Dan satulagi hal yang sama TUHAN pertanyakan di Kid 8:4. Bagaimana respon kita sesudah tau hal ini? Itu pilihanmu.

Kid 8:6  dikatakan, “ Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN! “ TUHAN ingin setiap kita ini melekat dengan TUHAN, melekat selekat mungkin, bukan karena yang lain-lain tapi hanya karena 1hal… karena Cinta sbab TUHAN tlah lebih dahulu mencintai kita dengan segenap hatiNYA. Dikatakan Cinta TUHAN ini seperti Api yang menyala-nyala seperti Api TUHAN. Dalam sejarah sejak dunia ini diciptakan TUHAN, tidak ada yang bisa menandingi Api TUHAN dan bahkan tidak ada yang bisa bertahan di hadapan Api TUHAN ini. Itulah Cinta, ketika kita tangkap Cinta TUHAN dan kita responi kita gag akan bisa bilang tidak untuk sesuatu yang TUHAN inginkan kita untuk lakukan.

Mzm 69:9a dikatakan, “Sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku,” Dan hal ini dikatakan juga oleh para rasul, murid-murid TUHAN  YESUS di Yoh 2:17. Karena Nyala Cinta Api TUHAN lah yang menghanguskan kita, hangus ini berarti kita ini cinta banget, cinta mati dengan TUHAN, dengan Rumah KediamanNYA dimana Kemuliaan HadiratNYA itu berada.

Ketika aku ketik tulisan ini TUHAN berikan pesan :
“ Setiap anak-anakKU bisa dan harus mengalami Jehovah Agape karena AKU sangat merindukan mereka mengalami AKU. Dimana AKU bisa mencurahkan CintaKU sebesar yang mereka mau dan inginkan. AKU mencintai setiap anak-anakKU tanpa melihat kejahatan apapun yang sudah mereka perbuat asal mereka berbalik padaKU, mengakui setiap apa yang mereka perbuat dan bersedia untuk menerima CintaKU pada saat itu juga AKU akan curahkan seluruh CintaKU untuk mereka. Nak, terima CintaKU, Cinta yang murni, Cinta yang Kudus dan tak bercacat cela, Cinta yang termanis… AKU mengundangMU untuk masuk kedalam RumahKU dan Ruang PestaKU setiap saat nak, AKU menunggumu. “

Kuncinya hanya satu my friends :
Yer 3:13  Hanya akuilah kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap TUHAN, Allahmu, telah melampiaskan cinta berahimu kepada orang-orang asing di bawah setiap pohon yang rimbun, dan tidak mendengarkan suara-Ku, demikianlah firman TUHAN."
*Cinta berahi diatas adalah cinta yang tidak murni, cinta yang mendua hati terhadap TUHAN.

Saya berdoa biar setiap kita bisa mengalami TUHAN sebagai Jehovah Agape, dan biar setiap kita setiap detik, bahkan setiap milidetik cinta kita ke TUHAN selalu bertambah besar dan kita dapat mengatakan HINENI kepada setiap tugas yang TUHAN berikan pada kita sebagai hamba dan budak yang mencintaiNYA hingga TUHAN disenangkan karena kita mencintaiNYA dengan sepenuh hati. Dalam Nama TUHAN YESUS dimateraikan semuanya, Amen.

Salam Kasih,

<3 Joseph Raphael Prima <3

 

# Gelora Cinta “Bahtera-Final Wave”


Kekuatan cinta

Dan geloraMu

Bersahut-sahutan

Serukan lawatan


KelembutanMu

Yang tak terhentikan

Yang tak pernah

Gagal menerobos


CintaMu

KasihMu

AgapeMu

Bawa kami ke pestaMu


Nyalanya bagai api

Yang tak terhentikan

T’rus mengalir dari hati Bapa


Beri kami cintaMu

Mengenal hatiMu

Hidup dalam gelora hatiMu

Mengalirkan kasihMu




# Nyalakan Api Cinta “Bahtera-Final Wave”


CintaMu Tuhan: Kuat seperti maut

KedahsyatanMu: Panji kemenangan hidupku

CintaMu Tuhan:Gelora yang membara

Tak terpadamkan untuk selamanya




Nyalakan api cinta di hatiku

Kobarkan kuat dahsyat di hidupku




Kemanakan aku pergi tanpa RohMu?

Hanya pribadiMu yang aku mau



# Mengejar Cinta “Bahtera-Final Wave”


Semakin kurasakan

Hasrat tak tertahan

Jiwaku haus akan cintaMu

Tak dapat ku menahan

Kerinduan hatiku

Berlari kuat mengejar cintaMu


Telah ku temukan Jantung Hatiku

Yang sekian lama kucari dalam hidupku

Dekap erat aku jangan lepaskan

Sedetikpun bersamaMu selalu


CintaMu… hadirMu…

Puaskan aku

Hasratku… geloraku…

Hanyalah untukMu


Sembahku… sujudku…

Hidupku bagi Rajaku.

 



3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Cinta kuat seperti maut, Tuhan mencintai kita sehingga mau mati di kayu salib. Bagian kita merayakannya dengan mengasihi Tuhan dgn segenap hati jiwa dan kekuatan,Gb..

    BalasHapus
  3. Cinta kuat seperti maut, Tuhan mencintai kita sehingga mau mati di kayu salib. Bagian kita merayakannya dengan mengasihi Tuhan dgn segenap hati jiwa dan kekuatan,Gb..

    BalasHapus