Pages - Menu

Sabtu, 06 Juli 2013

~Belajar dari Hosea~



Ada yang tau Nabi satu ini?? Dia adalah Nabi dimana TUHAN memberikan pewahyuan yang spesial yaitu tentang Cinta, Hubungan dan Keintiman. Dia diberikan kesempatan yang luar biasa untuk mengalami sakitnya mengalami suatu ketidaksetiaan. Dimana TUHAN menyuruhnya untuk menikahi seorang perempuan sundal (pelacur). Untuk apa? Itu untuk memberikan suatu pelajaran untuk kita!!! Nama perempuan sundal itu adalah Gomer anak dari Diblaim. Bagaimana mungkin seorang abdi Allah, nabi, hamba TUHAN menikah dengan perempuan sundal??? Itu pasti pikiran kita sebagai manusia.

Tapi disini pelajarannya, Hosea mau dan taat untuk ikuti perintah dari TUHAN walau untuknya sangat-sangat tidak mengenakkan. Bahkan untuk seorang nabi waktu itu Hosea bisa saja meminta TUHAN tugas yang lebih gampang seperti memanggil api turun dari surga untuk menghancurkan sekelompok nabi palsu seperti Elia. Tapi karena Hosea tau, yang akan disampaikan TUHAN melalui perintahNYA dan jalan kehidupan yang TUHAN tetapkan untuk Hosea adalah untuk orang-orang percaya disegala jaman belajar Hati TUHAN, karena lewat Hosea DIA menunjukkan HatiNYA!!! Ini adalah suatu panggilan Luhur TUHAN bagi Hosea.

Dan Hosea memulai perjalanan sebagai nabi dan penubuat serta pelayanannya dengan menikahi Gomer si perempuan sundal. Hosea si nabi dan sahabat TUHAN menggelar dihadapan Israel dan akhirnya seluruh bangsa-bangsa sebuah drama Ilahi seperti apa menikahi, mencintai dan mengasihi seseorang yang tidak setia. Dan memang Hosea benar-benar mengasihi Gomer, tapi lebih dari itu Gomer terbukti tidak setia dan meninggalkan Hosea demi kekasih-kekasihnya. Sebenarnya kita semua pernah bahkan ada beberapa yang sering, tidak sengaja atau malahan sengaja melakukan hal seperti yang dilakukan Gomer ke Hosea kepada TUHAN. Hosea, sang sahabat TUHAN, merasakan sengatan pengkhianatan seperti yang TUHAN rasakan ketika umatNYA tak membalas kasihNYA dan berpaling dari DIA atau bisa dikatakan Tidak Setia.

Hukum pada waktu itu sangat JELAS!!! Hosea bisa saja membuat Gomer di hukum mati karena ketidaksetiaannya, sama seperti TUHAN secara ADIL bisa saja membunuh seluruh umat manusia karena dosa mereka. Tapi lagi-lagi ini semua adalah soal KASIH!!! Karena kasih Hosea tak menghukum Gomer dan karena Kasih pulalah TUHAN memberikan penebusan dosa untuk umat manusia.

Dalam bahasa Ibrani Hosea berarti "Keselamatan / TUHAN Menyelamatkan" sama seperti arti nama Yosua dan YESUS. Sekali lagi seperti Hosea mengampuni Gomer karena Kasih, seperti itu jugalah TUHAN memberikan AnakNYA yang tunggal TUHAN YESUS KRISTUS untuk menebus segala dosa kita dengan KasihNYA.

Puji TUHAN sebelum hari ini, dan dimulai dari kelas 1 Smk TUHAN ijinkan aku untuk alami apa yang Hosea alami. Beberapa kali diduakan, ditigakan, diempatkan bahkan dilimakan. Sakit sangat sakit, bahkan kadang tak tertahankan. Dan itu semua baru aku sadari hari ini sesaat sebelum aku tulis hal ini untuk apa yang aku alami juga dialami oleh sahabatNYA, Hosea. Sadarilah TUHAN mencintai, mengasihi kita dengan luar biasa bahkan tak terbatas!!! Namun tak sedikit juga dari kita yang membalas hal itu dengan sebuah ketidaksetiaan.

Sekali lagi TUHAN itu Kasih, DIA sangat mangasihi kita yang adalah anak, sahabat, hamba dan yang lebih luar biasa DIA mengasihi kita sebagai MEMPELAINYA!!!! Please sadari semua hal ini..... Ketika kita sibuk dengan aktifitas kita, lebih memilih kesibukan kita, hobi kita dan hal-hal yang kita sukai daripada diam didekat kakiNYA, mengadakan perjumpaan pribadi dengan DIA dalam saat teduh kita. Yang DIA rindukan dari setiap kita adalah HUBUNGAN!!! Hubungan yang Intim. Ingat pertama kali TUHAN membuat Taman Eden adalah untuk DIA berinteraksi, berhubungan secara intim dengan manusia dan hal itulah yang sangat-sangat DIA inginkan sampai detik ini. Bayangkan saja ketika kalian melakukan sebuah ketidaksetiaan, perselingkuhan pada TUHAN... bayangkan saat itu juga kalian sedang diduakan oleh pasangan kalian... sakit, ya sakit itulah yang TUHAN rasakan. Tapi sekali lagi Kasih, karena Kasih DIA tetap mengasihi kita walaupun kita tak setia. Maka sekarang berbaliklah dan jadilah setia padaNYA!!!

Jangan pernah buang-buang Kasih yang telah DIA curahkan untuk kita, karena ketika kita selalu lakukan hal itu, buang-buang KasihNYA satu waktu akan datang waktunya untuk kita dibuang... dan jadi yang terbuang. Ingatlah TUHAN itu Kasih, namun DIA itu Kudus dan tak bisa mentolerir segala jenis dan ukuran dosa. DIA sebagai MEMPELAI kita tapi juga sebagai Hakim Agung bagi Kita semua dan Dunia.

CINTAILAH TUHAN DENGAN SEGENAP HATIMU MELEBIHI SIAPAPUN DAN APAPUN YANG KAU MILIKI DIDUNIA INI.
TUHAN YESUS memberkati...



Salam Kasih,

Joseph Raphael Prima..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar